RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)/ WAJIB
Satuan Pendidikan :
SMA ADZKIA ISLAMIC SCHOOL
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
X/1
Tema :
Budaya Berpendapat di Forum Ekonomi dan Politik
Materi Pokok :
Teks Eksposisi
Alokasi Waktu : 4x 45 menit
A. Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan
Pencapaian Indikator Kompetensi
3.3 Menganalisis struktur, isi
(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
3.4 Mengembangkan isi
(permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks
eksposisi secara lisan dan / tulis.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah
proses mengamati berbagai fakta , menanya konsep, mencoba, mengasosiasi, dan
mengomunikasikan peserta didik dapat menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan struktur,
isi, permasalahan, argumentasi, pengetahuan, rekomendasi, dan kebahasaan.
D. Materi Pembelajaran
1.
Fakta
- Teks Eksposisi berjudul “Ekonomi Indonesia akan Melampaui Jerman dan Inggris”
- Teks Eksposisi berjudul “ Manfaat Jamu Tradisional”
2. Konsep
Teks
Eksposisi adalah jenis
teks yang berfungsi untuk mengungkapkan gagasan atau mengusulkan sesuatu berdasarkan argumentasi yang kuat. Teks ini
berbeda dengan teks diskusi yang yang berisi dua sisi argumentasi; teks
eksposisi hanya berisi satu sisi argumentasi: sisi yang mendukung atau sisi
yang menolak.
3. Prinsip
Ciri-ciri
teks eksposisi
a.
Penulis teks berusaha menjelaskan suatu pokok persoalan secara
objektif, tidak ada unsur yang bersifat subjektif dan emosional.
b.
Penulis teks tidak bermaksud memengaruhi pembaca atas pendapat si
penulis.
c.
Gaya penulisan bersifat informative. Penulis menguraikan objek
dengan jelas sehingga pembaca memahami maksud dari teks eksposisi. Hal ini
disebabkan penulis ingin menambah pengetahuan pembaca dan memberi informasi.
d.
Teks memuat fakta yang terdapat di lapangan. Fakta tersebut dipakai
sebagai penyumbang utama dalam membuat rumusan agar hal yang disampaikan lebih
konkret.
Struktur Teks Eksposisi : Pernyataan
pendapat(tesis)^argumentasi^penegasan ulang pendapat
Jenis-Jenis
Eksposisi
1.
Eksposisi Definisi
2.
Eksposisi Identifikasi
3.
Eksposisi Perbandingan dan Pertentangan
4.
Eksposisi Ilustrasi
5.
Eksposisi Klasifikasi
6.
Eksposisi Analisis
Isi
Paragraf, Kritik, dan Pendapat
Paragraf adalah seperangkat kalimat yang berkaitan satu sama lain
dan membentuk satu kesatuan untuk mengutarakan atau mengemukakan satu gagasan
utama atau gagasan pokok. Syarat-syarat sebuah paragraf yaitu koheren
(berhubungan), kohesif (padu), dan memiliki satu gagasan utama (pokok).
Gagasan utama, gagasan pokok, atau ide pokok adalah hal yang
dibahas atau diungkapkan dalam bacaan. Gagasan pokok dapat terletak di awal
paragraph (deduktif), di akhir paragraf (induktif, di awal dan di akhir paragraf
( deduktif-induktif atau campuran), atau di seluruh paragraf.
Kalimat utama merupakan kalimat yang berisi ide pokok. Kalimat
utama dapat di temukan di awal, akhir, awal dan akhir, atau diseluruh paragraf.
Sementara itu, simpulan merupakan ikhtisar atau pendapat terakhir berdasarkan
uraian sebelumnya.
Kritik merupakan tanggapan yang disertai uraian pertimbangan baik
atau buruk mengenai sesuatu. Kritik yang diberikan dapat berupa tanggapan
positif (baik) atau tanggapan negatif (buruk). Kritik harus disertai alasan yang
logis. Ketika memberikan tanggapan, pendapatpun sering diungkapkan.
Pendapat atau opini merupakan pikiran atau perkiraan tentang
sesuatu. Pendapat dapat berbeda di antara satu orang dengan orang lain. Oleh
karena itu, pendpat belum tentu dapat dibuktikan kebenarannya.
Ciri
Kebahasaan dalam Teks Eksposisi
1.
Pronomina
a.
Pronomina Persona (saya, anda, kita)
b.
Pronomina Penunjuk(ini, itu, sini, situ, sana, begini, begitu,
demikian)
c.
Pronomina Penanya(siapa, apa, mengapa, kapan, bagaimana, berapa)
2.
Verba
Verba yang
sering digunakan dalam teks eksposisi biasanya yang memiliki arti persepsi,
misalnya percaya, yakin, optimistis.
3.
Konjungsi
Konjungsi yang sering digunakan dalam teks eksposisi
yaitu; pada kenyataannya, kemudian, dan
lebih lanjut
F. Metode Pembelajaran
Pendekatan :
saintifik
Metode :
learning community dan inquiry
G. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
a.
Media :
- Teks
Eksposisi berjudul “Ekonomi Indonesia akan Melampaui
Jerman dan Inggris”
- Teks
Eksposisi berjudul “ Manfaat Jamu Tradisional”
b. Alat : Alat tulis
c.
Sumber : - Buku Siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik
untuk Kelas X , Kemendikbud RI Tahun 2013 halaman 77-88
- KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
H. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Peserta
didik merespon salam tanda mensykuri anugerah Tuhan dan pertanyaan dari guru berhubungan
dengan pembelajaran sebelumnya.
2. Peserta
didik memberikan informasi terkait siswa yang absen di hari ini.
3. Peserta
didik melakukan tepuk semangat sebagai motivasi belajar.
4. Peserta
didik menerima informasi dengan proaktif
tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
5. Peserta
didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
15 menit
|
Inti
|
1.
Siswa
menjawab pertanyaan tentang struktur Eksposisi secara lisan.
Menanya
2.
Siswa membaca teks Eksposisi yang berjudul “Ekonomi Indonesia
akan Melampaui Jerman dan Inggris”. Mengamati
3.
Siswa membandingkan kreasi penyusunan struktur teks siswa dengan
struktur teks yang ada dalam buku siswa.
Menalar
4.
Siswa menyusun teks eksposisi berdasarkan struktur. Mencoba
5.
Siswa membaca teks Eksposisi yang berjudul “Manfaat Jamu
Tradisional” sebagai
bahan inspirasi dan refernsi. Mengamati
|
60
menit
|
Penutup
|
1. Siswa
menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2. Siswa
melakukan evaluasi pembelajaran.
3. Siswa
saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
4. Siswa menyepakati tugas portofolio, yakni menyusun teks eksposisi
berdasarkan stuktur
|
10 menit
|
I. Penilaian Autentik
1.
Penilaian
proses
Penilaian Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar Pengamatan
|
2.
|
Tanggung jawab
|
|||
3.
|
Disiplin
|
|||
4.
|
Proaktif
|
|||
5.
|
Jujur
|
2. Penilaian Hasil
a. Penilaian Pengetahuan
No
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
Menjelaskan struktur teks eksposisi
|
Tes tertulis
|
uraian
|
Jelaskan struktur teks eksposisi!
|
|
|
|
|
|
b. Penilaian Keterampilan
No
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
Menyusun teks eksposisi
berdasarkan struktur dan EBI.
|
Tes tertulis
|
uraian
|
Susunlah teks eksposisi
berdasarkan struktur dan EBI!
|
|
|
|
|
|
J. Pedoman Penskoran
1. Penilaian pengetahuan
No. Soal
|
Petunjuk
Penskoran
|
Skor
|
1.
|
Tepat
|
90
|
Kurang tepat
|
80
|
|
Tidak tepat
|
75
|
2. Penilaian keterampilan
No. Soal
|
Petunjuk
Penskoran
|
Skor
|
1.
|
Tepat
|
90
|
Kurang tepat
|
80
|
|
Tidak tepat
|
75
|
Keterangan
Nilai = Perolehan skor x
100
Jumlah skor maksimal
Tangerang Selatan, 15 November,
17
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
No comments:
Post a Comment