Selamat siang Guys. Bertemu lagi di blog saya. Kali ini saya akan membahas tentang perbedaan Teks Biografi dengan Teks Autobiografi.
Nah, adapun perbedaan ke duanya meliputi:
1. Teks biografi berisi tentang riwayat tokoh yang ditulis oleh orang lain, misalnya ada seorang wartawan yang tertarik ingin menulis tentang kisah B.J Habibie. Maka teks tersebut adalah biografi.
2. Teks autobiografi berisi tentang riwayat hidup tokoh yang ditulis oleh tokoh itu sendiri, misalnya B.J Habibi ingin membuat cerita tentang dirinya sendiri, serta ditulis oleh diri sendiri pula, ituah autobiografi.
Namun demikian, di dunia ini masih jarang ada teks berbentuk autobiografi, disebabkan jarang sekali ada seorang tokoh yang ternyata juga bisa menulis tentang diri sendiri. Adapun terkait penyajiannya, tentu saja antar ke duanya bersifat faktual dan akurat. Tidak boleh mengarang begitu saja. Selain itu, tokoh yang dijadikan kisah pun harus tokoh yang memiliki kriteria tertentu, misalnya tokoh tersebut memiliki penemuan gemilang, prestasi luar biasa, memiliki kontribusi besar terhadap suatu hal, beserta hal lainnya yang dapat menginspirasi para pembaca. Tentu saja tidak sembarang tokoh bisa dijadikan biografi.
Dalam bahasa Indonesia, teks biografi dipelajari di kelas 10 semester 1 tentang Teks Biografi. Teardapat hal yang menarik serta hal yang patut diteladani pada biografi tersebut. K edua hal tersebut dapat kita temukan di peristiwa penting tokoh.
Untuk membuat teks biografi, tentunya harus ada struktur yang dapat mendukung kefektifannya teks. adapun struktur tersebut meliputi:
1. Orientasi (Berisi pembuka yang menggambarkan latar belakang tokoh seperti Ttgl, latar belakang pendidikan tokoh, keluarga tokoh, serta berbagai prestasi)
2. Kejadian penting (berisi tentang rangkaian peristiwa penting serta perjuangan hidup tokoh yang dapat menginspirasi pembaca)
3. Re-orientasi (Berisi simpulan berupa tanggapan dan hal yang dipelajari dari cerita tokoh yang ditulis)
Pada metode pembelajaran ini, siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok. 1 kelompoknya terdapat 2 siswa. Nah, masing-masing siswa menulis teks biografi dengan objek tokoh adalah teman kelompoknya sendiri. Tentu saja, masing-masing siswa harus saling bertukar wawancara dan informasi terkait bahan-bahan struktur pembuatan teks biografi dari mulai orientasi sampai re-orientasi.
Di bawah ini merupakan contoh Teks Biografi karya anak kelas 10
Nah, adapun perbedaan ke duanya meliputi:
1. Teks biografi berisi tentang riwayat tokoh yang ditulis oleh orang lain, misalnya ada seorang wartawan yang tertarik ingin menulis tentang kisah B.J Habibie. Maka teks tersebut adalah biografi.
2. Teks autobiografi berisi tentang riwayat hidup tokoh yang ditulis oleh tokoh itu sendiri, misalnya B.J Habibi ingin membuat cerita tentang dirinya sendiri, serta ditulis oleh diri sendiri pula, ituah autobiografi.
Namun demikian, di dunia ini masih jarang ada teks berbentuk autobiografi, disebabkan jarang sekali ada seorang tokoh yang ternyata juga bisa menulis tentang diri sendiri. Adapun terkait penyajiannya, tentu saja antar ke duanya bersifat faktual dan akurat. Tidak boleh mengarang begitu saja. Selain itu, tokoh yang dijadikan kisah pun harus tokoh yang memiliki kriteria tertentu, misalnya tokoh tersebut memiliki penemuan gemilang, prestasi luar biasa, memiliki kontribusi besar terhadap suatu hal, beserta hal lainnya yang dapat menginspirasi para pembaca. Tentu saja tidak sembarang tokoh bisa dijadikan biografi.
Dalam bahasa Indonesia, teks biografi dipelajari di kelas 10 semester 1 tentang Teks Biografi. Teardapat hal yang menarik serta hal yang patut diteladani pada biografi tersebut. K edua hal tersebut dapat kita temukan di peristiwa penting tokoh.
Untuk membuat teks biografi, tentunya harus ada struktur yang dapat mendukung kefektifannya teks. adapun struktur tersebut meliputi:
1. Orientasi (Berisi pembuka yang menggambarkan latar belakang tokoh seperti Ttgl, latar belakang pendidikan tokoh, keluarga tokoh, serta berbagai prestasi)
2. Kejadian penting (berisi tentang rangkaian peristiwa penting serta perjuangan hidup tokoh yang dapat menginspirasi pembaca)
3. Re-orientasi (Berisi simpulan berupa tanggapan dan hal yang dipelajari dari cerita tokoh yang ditulis)
Pada metode pembelajaran ini, siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok. 1 kelompoknya terdapat 2 siswa. Nah, masing-masing siswa menulis teks biografi dengan objek tokoh adalah teman kelompoknya sendiri. Tentu saja, masing-masing siswa harus saling bertukar wawancara dan informasi terkait bahan-bahan struktur pembuatan teks biografi dari mulai orientasi sampai re-orientasi.
Di bawah ini merupakan contoh Teks Biografi karya anak kelas 10
NEZAR
Nezar Afradiaz lahir di Bekasi, 27 Februari 2004. Nezar memiliki dua saudara, kakak perempuan dan adik laki-laki. Ia tinggal di Karawang selama 2 tahun. Setelah itu diapindah ke Bekasi hingga sekarang. Ia memiliki hobi bermain futsal. Nezar menyelsaikan SD-nya di SD-IT An-Nur dan lanjut pendidikannya di Al-Andalus. Tak lama, ia pindah sekolahnya dan menyelsaikan SMP-nya di FIWA. Sampai sekarang ia masih bersekolah di FIWA.
Tidak sia-sia orangtuanya menyekolahkan Nezar di Fiwa. Ia mendapatkan prestasi-prestasi yang gemilang. Selama dirinya di Fiwa. Ia telah menghafal kurang lebih 13 Juz dan ia sering mengikuti lomba-lomba Tahfidz. Kemudian ia sering mendapat juara dari hasil lomba yang ia ikuti.
Sesuai dengan hobinya, Nezar memiliki banyak prestasi yang tak pernah ia lupakan. Pada bidang futsal tentunya. Ia berlatih di SD-nya dari kelas 2 dan melakukan kompetisi futsal pertamanya pada kelas 3. Hasilnya sangat memuaskan. Tim futsalnya mendapatkan juara 3 pada turnamen pertamanya dan Nezar merupakan pemain yang sangat penting. Ia pun pernag mengalami musibah yaitu terkena cedera lutut pada waktu kelas 5. Akan tetapi musibah tersebut tidak memhbuatnya gentar dan tidak membuatnya putus asa. Nezar terus menjalankan hobinya untuk meraih cita-cita.
Perjalan hidup Nezar patut dijaidkan sebagai insiprasi hidup. Walaupun terkadang kesulitan melandanya, akan tetapi, ia tetap gigih dan membalasnya dengan prestasi.
No comments:
Post a Comment