Subject : Bahasa Indonesia Semester :
Ganjil
Grade :
VIII Meeting :
Ke-1
Teacher : Asep Robi Anggana, S.Pd. Period : 1 Sesi
Topic :
Teks Berita Time Frame : 50 Menit
Subtopic : Pengertian dan Unsur Methods : Kolaborasi
A.
Core Competencies
|
B.
Basic Competencies
|
KI
1: Menghayati dan mengamalkan ajaran
Islam sesuai Al-Qur’an dan Sunnah
KI
2: Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, percaya diri, (amar ma’ruf nahi munkar) dalam berinteraksi
di manapun dan kapan pun.
KI
3: Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
KI
4: Mencoba, mengolah, serta menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
|
1.1
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai sarana untuk berkomunikasi dan memahami
informasi, khususnya dalam mempelajari dan mengamalkan ajaran Islam sesuai Al-Qur’an dan Sunnah.
2.1
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun,
percaya diri, (amar ma’ruf nahi munkar)
dalam berinteraksi sehari-hari.
3.1
Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita
(membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca.
4.1
Menyimpulkan
isi berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar.
|
C.
Indicator
|
D.
Objectives
|
3.1.1 Kemampuan menjelaskan
pengertian dan unsur teks berita.
4.1.1 Kemampuan menyimpulkan isi berita yang dibaca dan didengar
|
3.1.1.1 Siswa mampu menjelaskan
pengertian dan unsur teks berita dengan benar.
4.1.1.1 Siswa mampu menjawab pertanyaan
teks berita dengan tepat.
|
E.
Dalil
|
F.
Teaching Method
|
|
1. Ceramah
2. Penugasan
3. Diskusi
|
G.
Teaching Learning Procedures
|
|
1.
Opening: Teachers Activity
(10 minutes)
|
2.
Main Activity: Student Activity
(30 minutes)
|
a.
Mengucapkan salam.
b.
Mengondisikan siswa.
c.
Mengucapkan basmalah dan selawat kepada
Nabi Muhammad ﷺ.
d.
Menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
e.
Mengapersepsi siswa dengan berita yang sedang berkembang saat ini.
f.
Menyampaikan dalil Al-Qur’an, Sunnah, dan atau Hadits
yang berkaitan dengan topik.
g.
Menyampaikan 3 kategori penilaian: kognitif,
psikomotor, dan afektif.
h.
Menyampaikan topik yang akan dipelajari.
i.
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
a. Siswa disuguhi teks berita
b. Siswa memberikan opini terkait
pengertian berita.
c. Siswa memberikan opini terkait unsur-unsur
berita.
d. Siswa memberikan opini terkait
bagaimana cara menyimpulkan isi berita
e. Siswa disuguhi video tentang
berita
f. Siswa menyimpulkan isi berita
dari video yang telah diputar.
|
3.
Ongoing Assessment and Posttest
(3 minutes)
|
4.
Reflection and Clossing
(7 minutes)
|
Siswa menjelaskan tentang manfaat mempelajari teks berita. (Memahami)
|
a. Siswa menyimak
penilaian proses, evaluasi, dan kesimpulan dari guru.
b. Siswa dan guru
mengucapkan tahmid dan doa kafaratul
majelis
|
H.
Teaching Aids
|
I.
Resources
|
1.
Laptop
2.
Buku Elektronik
3.
Internet
|
1. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Bahasa
Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
2. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Pedoman
Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
|
Kab. Bogor, Juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMP FIWA Guru Mata Pelajaran
_______________
Subject : Bahasa Indonesia Semester : Ganjil
Grade : VIII Meeting :
Ke-2
Teacher : Asep
Robi Anggana, S.Pd. Period : 1 Sesi
Topic :
Teks Berita Time Frame : 50 Menit
Subtopic : Kaidah
kebahasaan teks berita Methods : Kolaborasi
A.
Core Competencies
|
B.
Basic Competencies
|
KI
1: Menghayati dan mengamalkan ajaran
Islam sesuai Al-Qur’an dan Sunnah
KI
2: Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, percaya diri, (amar ma’ruf nahi munkar) dalam
berinteraksi di manapun dan kapan pun.
KI
3: Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
KI
4: Mencoba, mengolah, serta menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
|
1.1
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai sarana untuk berkomunikasi dan memahami
informasi, khususnya dalam mempelajari dan mengamalkan ajaran Islam sesuai Al-Qur’an dan Sunnah.
2.1
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun,
percaya diri, (amar ma’ruf nahi munkar)
dalam berinteraksi sehari-hari.
3.1
Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita
(membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
4.1
Menyajikan data, informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis
dengan memperhatikan struktur dan kaidah.
|
C.
Indicator
|
D.
Objectives
|
3.1.1 Kemampuan menggunakan struktur kaidah dalam teks berita.
4.1.1 Kemampuan menulis berita dengan menyajikan data pada teks
berita secara lisan dan tulisan
|
3.1.1.1 Siswa mampu menelaah struktur dan kebahasaan teks berita
(membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca.
4.1.1.1 Siswa mampu menyajikan data, informasi dalam bentuk berita
secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur dan kaidah
|
E.
Dalil
|
F.
Teaching Method
|
|
1. Ceramah
2. Penugasan
3. Diskusi
|
G.
Teaching Learning Procedures
|
|
1.
Opening: Teachers Activity
(10 minutes)
|
2.
Main Activity: Student Activity
(30 minutes)
|
a.
Mengucapkan salam.
b.
Mengondisikan siswa.
c.
Mengucapkan basmalah dan shalawat kepada Nabi Muhammad ﷺ.
d.
Menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
e.
Memotivasi siswa tentang pentingnya menuntut ilmu.
f.
Mengapersepsi topik sebelumnya (pengertian dan teks
biografi).
g.
Menyampaikan dalil Al-Qur’an, Sunnah, dan atau Hadits
yang berkaitan dengan topik.
h.
Menyampaikan 3 kategori penilaian: kognitif,
psikomotor, dan afektif.
i.
Menyampaikan topik yang akan dipelajari.
j.
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
a. Siswa duduk berkelompok
b. Masing-Masing kelompok memahami
terkait kaidah kebahasaan teks berita.
c. Siswa membuat peta konsep
terkait kaidah kebahasaan teks berita
d. Siswa mencari berita kemudian
menentukkan beberapa kaidah kebahasaan teks berita
|
3.
Ongoing Assessment and Posttest
(3 minutes)
|
4.
Reflection and Clossing
(7 minutes)
|
Siswa menyebutkan tentang beberapa ciri teks berita. (Memahami)
|
a. Siswa menyimak
penilaian proses, evaluasi, dan kesimpulan dari guru.
b. Siswa dan guru
mengucapkan tahmid dan doa kafaratul
majelis
|
H.
Teaching Aids
|
I.
Resources
|
1.
Laptop
2.
Gawai/Gadget
3.
Buku Elektronik
4.
Internet
|
1. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Bahasa
Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
2. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Pedoman
Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
|
Kab. Bogor,
Juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMP FIWA Guru Mata Pelajaran
_______________
Subject : Bahasa Indonesia Semester : Ganjil
Grade : VIII Meeting :
Ke-2
Teacher : Asep
Robi Anggana, S.Pd. Period : 1 Sesi
Topic :
Teks Berita Time Frame : 50 Menit
Subtopic : Kaidah
kebahasaan teks berita Methods : Kolaborasi
A.
Core Competencies
|
B.
Basic Competencies
|
KI
1: Menghayati dan mengamalkan ajaran
Islam sesuai Al-Qur’an dan Sunnah
KI
2: Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, percaya diri, (amar ma’ruf nahi munkar) dalam
berinteraksi di manapun dan kapan pun.
KI
3: Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
KI
4: Mencoba, mengolah, serta menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
|
1.1
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai sarana untuk berkomunikasi dan memahami
informasi, khususnya dalam mempelajari dan mengamalkan ajaran Islam sesuai Al-Qur’an dan Sunnah.
2.1
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun,
percaya diri, (amar ma’ruf nahi munkar)
dalam berinteraksi sehari-hari.
3.2
Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita
(membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
4.2
Menyajikan data, informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis
dengan memperhatikan struktur dan kaidah.
|
C.
Indicator
|
D.
Objectives
|
3.2.1
Kemampuan menggunakan struktur kaidah dalam teks berita.
4.2.2
Kemampuan menulis berita dengan menyajikan data pada teks berita secara lisan dan
tulisan
|
4.2.2.1 Siswa mampu menelaah struktur dan kebahasaan teks berita
(membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca.
4.1.1.1 Siswa mampu menyajikan data, informasi dalam bentuk berita
secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur dan kaidah
|
E.
Dalil
|
F.
Teaching Method
|
|
1. Ceramah
2. Penugasan
3. Diskusi
|
G.
Teaching Learning Procedures
|
|
1.
Opening: Teachers Activity
(10 minutes)
|
2.
Main Activity: Student Activity
(30 minutes)
|
a.
Mengucapkan salam.
b.
Mengondisikan siswa.
c.
Mengucapkan basmalah dan shalawat kepada Nabi Muhammad ﷺ.
d.
Menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
e.
Memotivasi siswa tentang pentingnya menuntut ilmu.
f.
Mengapersepsi topik sebelumnya (pengertian dan teks
biografi).
g.
Menyampaikan dalil Al-Qur’an, Sunnah, dan atau Hadits
yang berkaitan dengan topik.
h.
Menyampaikan 3 kategori penilaian: kognitif,
psikomotor, dan afektif.
i.
Menyampaikan topik yang akan dipelajari.
j.
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
a. Siswa duduk berkelompok
b. Siswa bersama-sama menentukan topik berita
yang sesuai dengan lingkungan pesantren.
c. Siswa menulis sebuah berita berdasarkan
struktur dan kaidah bahasa berita.
d. Siswa membacakan berita yang
telah di buat di depan kelas.
|
3.
Ongoing Assessment and Posttest
(3 minutes)
|
4.
Reflection and Clossing
(7 minutes)
|
Siswa menyebutkan tentang beberapa ciri teks berita. (Memahami)
|
a. Siswa menyimak
penilaian proses, evaluasi, dan kesimpulan dari guru.
b. Siswa dan guru
mengucapkan tahmid dan doa kafaratul
majelis
|
H.
Teaching Aids
|
I.
Resources
|
1.
Laptop
2.
Gawai/Gadget
3.
Buku Elektronik
4.
Internet
|
1. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Bahasa
Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
2. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Pedoman
Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
|
Kab. Bogor,
Juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMP FIWA Guru Mata Pelajaran
_______________
No comments:
Post a Comment