Tuesday, September 18, 2018

LESSON PLAN FOR BAHASA INDONESIA WITH CAMBRIDGE CURRICULUM- JUNIOR HIGH SCHOOL (BERITA)






Subject             : Bahasa Indonesia                                          Semester          : Ganjil
Grade              : VIII                                                               Meeting           : Ke-1
Teacher           :  Asep Robi Anggana, S.Pd.                          Period             : 1 Sesi
Topic               : Teks Berita                                                    Time Frame    : 50 Menit
Subtopic          : Pengertian dan Unsur                                   Methods           : Kolaborasi

A.       Core Competencies
B.       Basic Competencies
KI 1:  Menghayati dan mengamalkan ajaran Islam sesuai Al-Qur’an dan Sunnah
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, percaya diri, (amar ma’ruf nahi munkar) dalam berinteraksi di manapun dan kapan pun.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, serta menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

1.1  Mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai sarana untuk berkomunikasi dan memahami informasi, khususnya dalam mempelajari dan mengamalkan ajaran Islam sesuai Al-Qur’an dan Sunnah.
2.1  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, percaya diri, (amar ma’ruf nahi munkar) dalam berinteraksi sehari-hari.
3.1  Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca.
4.1  Menyimpulkan isi berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar.

C.       Indicator
D.       Objectives
3.1.1    Kemampuan menjelaskan pengertian dan unsur teks berita.
4.1.1    Kemampuan menyimpulkan isi berita yang dibaca dan didengar
3.1.1.1  Siswa mampu menjelaskan pengertian dan unsur teks berita dengan benar.
4.1.1.1  Siswa mampu menjawab pertanyaan teks berita dengan tepat.

E.       Dalil
F.       Teaching Method



1. Ceramah
2. Penugasan
3. Diskusi

G.    Teaching Learning Procedures
1.        Opening: Teachers Activity
(10 minutes)
2.         Main Activity: Student Activity
(30 minutes)
a.    Mengucapkan salam.
b.    Mengondisikan siswa.
c.    Mengucapkan basmalah dan selawat kepada Nabi Muhammad .
d.   Menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
e.    Mengapersepsi siswa dengan berita yang sedang berkembang saat ini.
f.     Menyampaikan dalil Al-Qur’an, Sunnah, dan atau Hadits yang berkaitan dengan topik.
g.    Menyampaikan 3 kategori penilaian: kognitif, psikomotor, dan afektif.
h.    Menyampaikan topik yang akan dipelajari.
i.      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
a.  Siswa disuguhi teks berita
b. Siswa memberikan opini terkait pengertian berita.
c.  Siswa memberikan opini terkait unsur-unsur berita.
d. Siswa memberikan opini terkait bagaimana cara menyimpulkan isi berita
e.  Siswa disuguhi video tentang berita
f.  Siswa menyimpulkan isi berita dari video yang telah diputar.
3.        Ongoing Assessment and Posttest
(3 minutes)
4.         Reflection and Clossing
(7 minutes)
Siswa menjelaskan tentang manfaat mempelajari teks berita. (Memahami)
a.  Siswa menyimak penilaian proses, evaluasi, dan kesimpulan dari guru.
b.  Siswa dan guru mengucapkan tahmid dan doa kafaratul majelis

H.      Teaching Aids
I.          Resources
1.     Laptop
2.     Buku Elektronik
3.     Internet
1.  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


 Kab. Bogor,    Juli 2018
      Mengetahui,
Kepala SMP FIWA                                                                                Guru Mata Pelajaran


 _______________                                                                      





Description: LOGO FIWA SCHOOL









Subject             : Bahasa Indonesia                                          Semester          : Ganjil
Grade              : VIII                                                               Meeting           : Ke-2
Teacher           : Asep Robi Anggana, S.Pd.                           Period             : 1 Sesi
Topic               : Teks Berita                                                    Time Frame    : 50 Menit
Subtopic          : Kaidah kebahasaan teks berita                      Methods           : Kolaborasi

A.       Core Competencies
B.       Basic Competencies
KI 1:  Menghayati dan mengamalkan ajaran Islam sesuai Al-Qur’an dan Sunnah
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, percaya diri, (amar ma’ruf nahi munkar) dalam berinteraksi di manapun dan kapan pun.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, serta menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

1.1  Mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai sarana untuk berkomunikasi dan memahami informasi, khususnya dalam mempelajari dan mengamalkan ajaran Islam sesuai Al-Qur’an dan Sunnah.
2.1  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, percaya diri, (amar ma’ruf nahi munkar) dalam berinteraksi sehari-hari.
3.1  Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
4.1  Menyajikan data, informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur dan kaidah.

C.       Indicator
D.       Objectives
3.1.1    Kemampuan menggunakan struktur kaidah dalam teks berita.
4.1.1    Kemampuan menulis berita dengan menyajikan data pada teks berita secara lisan dan tulisan
3.1.1.1  Siswa mampu menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca.
4.1.1.1  Siswa mampu menyajikan data, informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur dan kaidah
E.       Dalil
F.       Teaching Method



1. Ceramah
2. Penugasan
3. Diskusi

G.    Teaching Learning Procedures
1.        Opening: Teachers Activity
(10 minutes)
2.         Main Activity: Student Activity
(30 minutes)
a.    Mengucapkan salam.
b.    Mengondisikan siswa.
c.    Mengucapkan basmalah dan shalawat kepada Nabi Muhammad ﷺ.
d.   Menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
e.    Memotivasi siswa tentang pentingnya menuntut ilmu.
f.     Mengapersepsi topik sebelumnya (pengertian dan teks biografi).
g.    Menyampaikan dalil Al-Qur’an, Sunnah, dan atau Hadits yang berkaitan dengan topik.
h.    Menyampaikan 3 kategori penilaian: kognitif, psikomotor, dan afektif.
i.      Menyampaikan topik yang akan dipelajari.
j.      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
a.   Siswa duduk berkelompok
b. Masing-Masing kelompok memahami terkait kaidah kebahasaan teks berita.
c.  Siswa membuat peta konsep terkait kaidah kebahasaan teks berita
d. Siswa mencari berita kemudian menentukkan beberapa kaidah kebahasaan teks berita
3.        Ongoing Assessment and Posttest
(3 minutes)
4.         Reflection and Clossing
(7 minutes)
Siswa menyebutkan tentang beberapa ciri teks berita. (Memahami)
a.  Siswa menyimak penilaian proses, evaluasi, dan kesimpulan dari guru.
b.  Siswa dan guru mengucapkan tahmid dan doa kafaratul majelis

H.      Teaching Aids
I.          Resources
1.     Laptop
2.     Gawai/Gadget
3.     Buku Elektronik
4.     Internet
1.  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


 Kab. Bogor,    Juli 2018
      Mengetahui,
Kepala SMP FIWA                                                                                Guru Mata Pelajaran


 _______________                                                                      






Description: LOGO FIWA SCHOOL








Subject             : Bahasa Indonesia                                          Semester          : Ganjil
Grade              : VIII                                                               Meeting           : Ke-2
Teacher           : Asep Robi Anggana, S.Pd.                           Period             : 1 Sesi
Topic               : Teks Berita                                                    Time Frame    : 50 Menit
Subtopic          : Kaidah kebahasaan teks berita                      Methods           : Kolaborasi

A.       Core Competencies
B.       Basic Competencies
KI 1:  Menghayati dan mengamalkan ajaran Islam sesuai Al-Qur’an dan Sunnah
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, percaya diri, (amar ma’ruf nahi munkar) dalam berinteraksi di manapun dan kapan pun.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, serta menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

1.1  Mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai sarana untuk berkomunikasi dan memahami informasi, khususnya dalam mempelajari dan mengamalkan ajaran Islam sesuai Al-Qur’an dan Sunnah.
2.1  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, percaya diri, (amar ma’ruf nahi munkar) dalam berinteraksi sehari-hari.
3.2  Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
4.2  Menyajikan data, informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur dan kaidah.

C.       Indicator
D.       Objectives
3.2.1        Kemampuan menggunakan struktur kaidah dalam teks berita.
4.2.2        Kemampuan menulis berita dengan menyajikan data pada teks berita secara lisan dan tulisan
4.2.2.1  Siswa mampu menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca.
4.1.1.1  Siswa mampu menyajikan data, informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur dan kaidah
E.       Dalil
F.       Teaching Method



1. Ceramah
2. Penugasan
3. Diskusi

G.    Teaching Learning Procedures
1.        Opening: Teachers Activity
(10 minutes)
2.         Main Activity: Student Activity
(30 minutes)
a.    Mengucapkan salam.
b.    Mengondisikan siswa.
c.    Mengucapkan basmalah dan shalawat kepada Nabi Muhammad ﷺ.
d.   Menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
e.    Memotivasi siswa tentang pentingnya menuntut ilmu.
f.     Mengapersepsi topik sebelumnya (pengertian dan teks biografi).
g.    Menyampaikan dalil Al-Qur’an, Sunnah, dan atau Hadits yang berkaitan dengan topik.
h.    Menyampaikan 3 kategori penilaian: kognitif, psikomotor, dan afektif.
i.      Menyampaikan topik yang akan dipelajari.
j.      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
a.   Siswa duduk berkelompok
b.  Siswa bersama-sama menentukan topik berita yang sesuai dengan lingkungan pesantren.
c.  Siswa menulis sebuah berita berdasarkan struktur dan kaidah bahasa berita.
d. Siswa membacakan berita yang telah di buat di depan kelas.
3.        Ongoing Assessment and Posttest
(3 minutes)
4.         Reflection and Clossing
(7 minutes)
Siswa menyebutkan tentang beberapa ciri teks berita. (Memahami)
a.  Siswa menyimak penilaian proses, evaluasi, dan kesimpulan dari guru.
b.  Siswa dan guru mengucapkan tahmid dan doa kafaratul majelis

H.      Teaching Aids
I.          Resources
1.     Laptop
2.     Gawai/Gadget
3.     Buku Elektronik
4.     Internet
1.  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


 Kab. Bogor,    Juli 2018
      Mengetahui,
Kepala SMP FIWA                                                                                Guru Mata Pelajaran


 _______________                                                                    












No comments:

Post a Comment

3 HARI DI CAMBODIA, NGAPAIN AJA??

 Hello Guys, bertemu lagi dengan gue, kali ini gue mau sharing tentang pengalaman backpacker selama 10 hari ke cambodia (3 hari) dan Vietnam...