Subject : Bahasa Indonesia Semester : Ganjil
Grade : VIII Meeting :
Ke-4
Teacher : Asep
Robi Anggana, S.Pd. Period : 1 Sesi
Topic : Teks Iklan Time Frame : 50 Menit
Subtopic : Pengertian dan unsur iklan dan slogan Methods : Kolaborasi
A.
Core Competencies
|
B.
Basic Competencies
|
KI
1: Menghayati dan mengamalkan ajaran
Islam sesuai Al-Qur’an dan Sunnah
KI
2: Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, percaya diri, (amar ma’ruf nahi munkar) dalam
berinteraksi di manapun dan kapan pun.
KI
3: Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
KI
4: Mencoba, mengolah, serta menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
|
1.1
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai sarana untuk berkomunikasi dan memahami
informasi, khususnya dalam mempelajari dan mengamalkan ajaran Islam sesuai Al-Qur’an dan Sunnah.
2.1
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun,
percaya diri, (amar ma’ruf nahi munkar)
dalam berinteraksi sehari-hari.
3.3
Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan,
dan poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang
dibaca dan didengar.
4.3
Menyimpulkan isi iklan, poster, dan slogan (Yang membuat bangga dan
memotivasi) dari berbagai sumber yang didapat.
|
C.
Indicator
|
D.
Objectives
|
3.3.1
Kemampuan menjelaskan dan membedakan dari teks iklan, poster, dan slogan
berdasarkan sumber yang dibaca dan ditulis
4.3.1
Kemampuan meringkas isi iklan, poster, dan slogan berdasarkan pemahaman sendiri,
dengan bahasa yang berbeda.
|
3.3.1.1 Siswa mampu mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan,
dan poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang
dibaca dan didengar.
4.3.1.1 Siswa mampu menyimpulkan isi iklan, poster, dan slogan (Yang
membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang didapat.
|
E.
Dalil
|
F.
Teaching Method
|
1. Ceramah
2. Penugasan
3. Diskusi
|
|
G.
Teaching Learning Procedures
|
|
1.
Opening: Teachers Activity
(10 minutes)
|
2.
Main Activity: Student Activity
(30 minutes)
|
a.
Mengucapkan salam.
b.
Mengondisikan siswa.
c.
Mengucapkan basmalah dan selawat kepada Nabi Muhammad ﷺ.
d.
Menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
e.
Memotivasi siswa tentang pentingnya menuntut ilmu.
f.
Mengapersepsi topik sebelumnya
g.
Menyampaikan dalil Al-Qur’an, Sunnah, dan atau Hadits
yang berkaitan dengan topik.
h.
Menyampaikan 3 kategori penilaian: kognitif,
psikomotor, dan afektif.
i.
Menyampaikan topik yang akan dipelajari.
j.
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
a. Siswa disuguhi contoh iklan, poster, dan
slogan
b. Siswa mengemukakan opini
terkait pengertian dan unsur iklan, poster, dan slogan yang telah dilihat
beserta alasannya berdasarkan contoh yang telah dilihat.
c. Siswa memahami pengertian dan
unsur Iklan, poster, dan slogan yang telah dibakukan.
d. Siswa menyaksikan video iklan, kemudian
membuat simpulan dari iklan tersebut secara tertulis dan lisan.
|
3.
Ongoing Assessment and Posttest
(3 minutes)
|
4.
Reflection and Clossing
(7 minutes)
|
Siswa menyebutkan tentang beberapa unsur iklan, poster, dan slogan. (Memahami)
|
a. Siswa menyimak
penilaian proses, evaluasi, dan kesimpulan dari guru.
b. Siswa dan guru
mengucapkan tahmid dan doa kafaratul
majelis
|
H.
Teaching Aids
|
I.
Resources
|
1.
Laptop
2.
Gawai/Gadget
3.
Buku Elektronik
4.
Internet
|
1. Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. 2017. Bahasa Indonesia
Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Pedoman
Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
|
Kab. Bogor,
Juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMP FIWA Guru Mata Pelajaran
_______________ Asep Robi Anggana, S.Pd.
No comments:
Post a Comment