Tuesday, September 18, 2018

LESSON PLAN FOR BAHASA INDONESIA WITH CAMBRIDGE CURRICULUM-JUNIOR HIGH SCHOOL (IKLAN)




Subject             : Bahasa Indonesia                                          Semester          : Ganjil
Grade              : VIII                                                               Meeting           : Ke-4
Teacher           : Asep Robi Anggana, S.Pd.                           Period             : 1 Sesi
Topic               : Teks Iklan                                                     Time Frame    : 50 Menit
Subtopic          :  Pengertian dan unsur iklan dan slogan        Methods           : Kolaborasi

A.       Core Competencies
B.       Basic Competencies
KI 1:  Menghayati dan mengamalkan ajaran Islam sesuai Al-Qur’an dan Sunnah
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, percaya diri, (amar ma’ruf nahi munkar) dalam berinteraksi di manapun dan kapan pun.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, serta menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

1.1  Mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai sarana untuk berkomunikasi dan memahami informasi, khususnya dalam mempelajari dan mengamalkan ajaran Islam sesuai Al-Qur’an dan Sunnah.
2.1  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, percaya diri, (amar ma’ruf nahi munkar) dalam berinteraksi sehari-hari.
3.3  Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, dan poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
4.3  Menyimpulkan isi iklan, poster, dan slogan (Yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang didapat.

C.       Indicator
D.       Objectives
3.3.1        Kemampuan menjelaskan dan membedakan dari teks iklan, poster, dan slogan berdasarkan sumber yang dibaca dan ditulis
4.3.1        Kemampuan meringkas isi iklan, poster, dan slogan berdasarkan pemahaman sendiri, dengan bahasa yang berbeda.
3.3.1.1  Siswa mampu mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, dan poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
4.3.1.1  Siswa mampu menyimpulkan isi iklan, poster, dan slogan (Yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang didapat.
E.       Dalil
F.       Teaching Method



1. Ceramah
2. Penugasan
3. Diskusi

G.    Teaching Learning Procedures
1.        Opening: Teachers Activity
(10 minutes)
2.         Main Activity: Student Activity
(30 minutes)
a.    Mengucapkan salam.
b.    Mengondisikan siswa.
c.    Mengucapkan basmalah dan selawat kepada Nabi Muhammad ﷺ.
d.   Menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
e.    Memotivasi siswa tentang pentingnya menuntut ilmu.
f.     Mengapersepsi topik sebelumnya
g.    Menyampaikan dalil Al-Qur’an, Sunnah, dan atau Hadits yang berkaitan dengan topik.
h.    Menyampaikan 3 kategori penilaian: kognitif, psikomotor, dan afektif.
i.      Menyampaikan topik yang akan dipelajari.
j.      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
a.   Siswa disuguhi contoh iklan, poster, dan slogan
b. Siswa mengemukakan opini terkait pengertian dan unsur iklan, poster, dan slogan yang telah dilihat beserta alasannya berdasarkan contoh yang telah dilihat.
c.  Siswa memahami pengertian dan unsur Iklan, poster, dan slogan yang telah dibakukan.
d.  Siswa menyaksikan video iklan, kemudian membuat simpulan dari iklan tersebut secara tertulis dan lisan.
3.        Ongoing Assessment and Posttest
(3 minutes)
4.         Reflection and Clossing
(7 minutes)
Siswa menyebutkan tentang beberapa unsur iklan, poster, dan slogan. (Memahami)
a.  Siswa menyimak penilaian proses, evaluasi, dan kesimpulan dari guru.
b.  Siswa dan guru mengucapkan tahmid dan doa kafaratul majelis

H.      Teaching Aids
I.          Resources
1.     Laptop
2.     Gawai/Gadget
3.     Buku Elektronik
4.     Internet
1.  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


 Kab. Bogor,    Juli 2018
      Mengetahui,
Kepala SMP FIWA                                                                                Guru Mata Pelajaran


 _______________                                                                      Asep Robi Anggana, S.Pd.





No comments:

Post a Comment

3 HARI DI CAMBODIA, NGAPAIN AJA??

 Hello Guys, bertemu lagi dengan gue, kali ini gue mau sharing tentang pengalaman backpacker selama 10 hari ke cambodia (3 hari) dan Vietnam...