Di pelajaran kelas 8, tentunya kita pernah mempelajari tentang Teks iklan, slogan, dan poster. Meskipun ada sedikit perbedaan antar ke 3 hal itu akan tetapi ke tiganya masih termasuk ke dalam media penyampai maksud serta sama-sama bersifat persuatif (memengaruhi). Maka itu, mari kita sama-sama mengingat kembali seluk beluknya.
1. Perbedaan Iklan, slogan, dan poster.
Iklan: Teks persuasi yang lebih mengutamakan kata-kata, gerak, suara, dan gambar
Slogan: Teks persuasif yang mengutamakan kata-kata
Poster: Teks persuasif yang lebih mengutamakan gambar dan kata-kata
2. Struktur Teks Iklan
- Mengenalkan produk
- Bersifat persuatif ( Ayolah, marilah, janganlah, dsb)
- Adanya pelengkap (slogan dan gambar)
3. Kaidah Teks Iklan
- Penggunaan bahasa persuatif (Bersifat ajakan)
- Penggunaan bahasa imperatif Bersifat Larangan)
- Penggunaan bahasa berirama (Biasanya kata-kata yang berirama sama lebih menarik)
-Penggunaan bahasa berkesan positif (Tidak menjelek-jelekan produk)
- Penggunaan bahasa yang ringkas (Supaya menghemat anggaran iklan dan gampang dipahami oleh penerima iklan)
4. Unsur Pembentuk Iklan
- Sumber (Penyedia dana Iklan)
- Pesan (informasi yang disampaikan baik verbal atau nonverbal)
- Media (Sarana yang dipakai saat mempublikasikan iklan baik media cetak, elektronik, dsb)
- Penerima (Sasaran objek Iklan)
- Efek (Perubahan tingkah laku dan respon setelah melihat iklan)
- Timpal balik (adanya tanggapan setelah melihat iklan dari penerima)
Bagaimana? sudah jelas? semoga ilmu ini dapat bermanfaat!
No comments:
Post a Comment