SSRencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Nama
Satuan Pendidikan : MTs Istiqlal Jakarta
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VIII/Genap
Materi
Pokok : Teks Drama
Alokasi
Waktu : 2x40
menit
Tujuan
Pembelajaran
|
KD 3
|
KD 4
|
3.15 mengidentifikasi
unsur-unsur drama yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah
|
4.15
menginterpretasi drama yang dibaca dan didengar
|
|
IPK 3
|
IPK 4
|
|
3.15.1
memahami cerita drama dengan menjawab pertanyaan yang telah ditentukan.
3.15.2
menentukan unsur drama baik yang dilihat maupun yang didengar
|
4.15.1
Menjelaskan kembali terkait isi drama
yang disajikan sesuai dengan bahasa sendiri
|
|
Materi
Pembelajaran
|
·
Pengertian teks drama
·
Struktur dan unsur teks drama
|
|
Dalil
/Hadist
|
|
|
Nilai
Akhlak
|
Tanggung
Jawab dan Peduli
|
|
|
|
|
Model
Pembelajaran:
Discovery
Learning
|
Langkah
Pembelajaran
1. Guru
menyampaikan tujuan atau KD pembelajaran sehingga siswa mengetahui tema
pembelajaran.
2. Siswa
membentuk kelompok, masing-masing kelompok terdapat 2 orang.
3. Siswa
diberikan stimulus terkait teks drama yang telah tersaji di buku paket bahasa
Indonesia
4. Anggota
kelompok saling bergantian membacakan teks drama
5. Setiap
siswa dalam kelompok membuat pertanyaan masing-masing yang berhubungan dengan
teks drama tersebut (5 pertanyaan)
6. Pertanyaan
yang sudah dibuat kemudian diberikan ke teman lawannya untuk diisi.
7. Setelah
diisi, pertanyaan tersebut dikoreksi dan diberi nilai oleg masing-masing.
8. Siswa
dan Guru sam-sama berdiskusi tentang pengertian, unsur, dan strukutr drama.
9. Siswa
memberikan hikmah dan menyimpulkan pembelajaran.
|
|
Alat,
Bahan, dan Media:
·
Buku Paket Bahasa Indonesia
·
Alat tulis
|
||
|
|
|
Asesmen:
1.
Teknik Penilaian Sikap : Jurnal guru
2.
Teknik Penilaian Pengetahuan:
- Jumlah
pertanyaan yang dijawab
3.
Teknik
penilaian keterampilan : portofolio dari hasil diskusi peserta didik
|
Jakarta,
6 Januari 2020
Kepala
Madrasah Guru Mata Pelajaran
Mastiah,
S.Pd Asep
Robi Anggana, S.Pd
NIK.
20090401062 NIK.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Nama
Satuan Pendidikan : MTs Istiqlal Jakarta
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VIII/Genap
Materi
Pokok : Teks Drama
Alokasi
Waktu : 2x40
menit
Tujuan
Pembelajaran
|
KD 3
|
KD 4
|
3.15 mengidentifikasi
unsur-unsur drama yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah
|
4.15
menginterpretasi drama yang dibaca dan didengar
|
|
IPK 3
|
IPK 4
|
|
3.15.1
memahami cerita drama dengan menjawab pertanyaan yang telah ditentukan.
3.15.2
menentukan unsur drama baik yang dilihat maupun yang didengar
|
4.15.1
Menjelaskan kembali terkait isi drama
yang disajikan sesuai dengan bahasa sendiri
|
|
Materi
Pembelajaran
|
·
Unsur drama
|
|
Dalil
/Hadist
|
|
|
Nilai
Akhlak
|
Tanggung
Jawab dan Peduli
|
|
|
|
|
Model
Pembelajaran:
Discovery
Learning
Discuss
|
Langkah
Pembelajaran
1. Guru
menyampaikan tujuan atau KD pembelajaran sehingga siswa mengetahui tema
pembelajaran.
2. Siswa
dan guru bersama-sama berdiskusi tentang unsur teks drama
3. Guru
memberikan stimulus berupa judul cerita “Upin-Ipin”, kemudian siswa
berdiskusi terkait pemahaman dan penerapan unsur teks drama.
4. Siswa
menentukan 1 film/sinetron positif yang pernah ditontonnya, kemudian
ditentukan unsur teks dramanya secara individu.
5. Guru
memberikan penilaian pada hasil pembelajaran serta diberikan saran dan
masukan kepada masing-masing siswa yang masih kurang maksimal nilainya.
6. Siswa
memberikan hikmah terkait pembalajaran
yang telah berlangsung.
7. Guru
menutup perjumpaan dengan motivasi.
|
|
Alat,
Bahan, dan Media:
·
Buku Paket Bahasa Indonesia
·
Alat tulis
|
||
|
|
|
Asesmen:
1.
Teknik Penilaian Sikap : Jurnal guru
2.
Teknik Penilaian Pengetahuan:
- Kesesuain
penjelasan unsur yang dijawab
3.
Teknik
penilaian keterampilan : portofolio dari hasil diskusi peserta didik
|
Jakarta,
8 Januari 2020
Kepala
Madrasah Guru Mata Pelajaran
Mastiah,
S.Pd Asep
Robi Anggana, S.Pd
NIK.
20090401062 NIK.
No comments:
Post a Comment