Wednesday, May 23, 2018

CONTOH KISI-KISI SOAL BAHASA INDONESIA KELAS 10, KURIKULUM 2013. AIS


KISI-KISI  SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN
SMA ADZKIA ISLAMIC SCHOOL
TAHUN AJARAN 2017/2018

MATA PELAJARAN                       : Bahasa Indonesia                                                               JUMLAH SOAL                                : 30 Soal                   
KURIKULUM                                   : 2013                                                                                      ALOKASI WAKTU                           : 90 MENIT
BENTUK TES                                   : Pilihan ganda 1-25 dan Uraian 1-5                                  KELAS                                               : 10

Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
Nomor Soal
Mendemonstrasikan Puisi
Jenis Puisi
Disajikan Pertanyaan, Peserta didik dapat menjelaskan judul puisi karya tokoh sastrawan
PG
1
Mndemonstrasikan Puisi
Musikalisasi Puisi
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mendemonstrasikan puisi dengan mengetahui materi musikalisasi puisi
PG
2
Menganalisis unsur pembangun puisi
Simbol puisi
Disajikan lewat contoh puisi, peserta didik dapat mengenalisis simbol pada kutipan puisi
PG
3
Mengidentifikasi komponen penting dalam puisi
Makna konotasi
Disajikan lewat contoh puisi, peserta didik dapat mengidentifikasi makna konotasi dalam puisi
PG
4
Mengidentifikasi komponen penting dalam puisi
Rima Puisi
Disajikan lewat pertanyaan puisi, peserta didik dapat mengidentifikasi makna dari rima puisi
PG
5
Menelaah teks biografi
autobiografi
Disajikan lewat pernyataan, peserta didik dapat menelaah tentang maksud autobiografi
PG
6
Menelaah teks biografi
Struktur biografi
Disajikan lewat pertanyaan, peserta didik dapat menelaah struktur teks biografi baian rorientasi.
PG
7
Menelaah teks biografi
Cerita tokoh
Disajikan berupa pertanyaan, peserta didik dapat menelaah terkait tanggal lahir seorang tokoh.
PG
8
Mengungkapkan kembali keteladanan dalam tks biografi
Sikap tauladan
Disajikan berupa pertanyaan, peserta didik dapat mengungkapkan terkait gambaran penentuan tauladan dari tokoh
PG
9
Menelaah teks biografi
Kriteria tokoh
Disajikan berupa pertanyaan, peserta didik dapat menelaah kriteria tokoh yang pantas dijadikan teks biografi
PG
10
Menganalisis tek negosiasi
Struktur negosiasi
Disajikan berupa pernyataan, peserta didik dapat menganalisis struktur teks negosiasi
PG
11
Mengonstruksikan teks negosiasi
Bentuk teks negosiasi
Disajikan berupa pernyataan, peserta didik dapat mengunstruksikan teks negosiasi dalam berbagai bentuk
PG
12
Menganalisis teks negosiasi
Struktur teks negosiasi
Disajikan berupa contoh teks, peserta didik dapat menentukan pengajuan dalam teks negosiasi
PG
13
Mengevaluasi teks negosiasi
Tek negosiasi
Disajikan berupa pernyataan, peserta didik dapat mengevaluasi pernyataan tentang teks negosiasi
PG
14
Mengevaluasi teks negosiasi
Teks negosiasi
Disajikan berupa pernyataan, peserta didik dapat mengevaluasi pernyataan tentang teks negosiasi
PG
15
Menganalisis isi debat
Unsur debat
Disajikan berupa pertayaan, peserta didik dapat menganalisis unsur debat
PG
16
Menganalisis isi debat
Simpulan debat
Disajikan berupa contoh simpulan debat, peserta didik dapat menganalisis pola penyimpulan debat
PG
17
Mengontruksi bagian-bagian dalam berdebat
Tim afirmasi
Disajikan berupa pertanyaan, peserta didik dapat mengontruksi makna dari tim afirmasi
PG
18
Mengontruksi bagian-bagian dalam berdebat
Tim netral
Disajikan berupa contoh pendapat, peserta didik dapat mengontruksi pernyataan tim netral
PG
19
Berlatih praktik debat
Ragam bahasa debat
Disajikan berupa pertanyaan, peserta didik dapat berlatih lewat memahami ragam bahasa yang digunakan dalam berdebat
PG
20
Menemukan esensi debat
EBI, penulisan judul
Disajikan berupa pernyataan, peserta didik dapat menemukan penulisan judul yang tepat
PG
21
Mengevaluasi teks negosiasi
EBI, tanda baca
Disajikan berupa pertanyaan, peserta didik dapat mengevaluasi fungsi tanda baca titik
PG
22
Mengavaluasi teks negosiasi
EBI, kaidah
Disajikan berupa prtanyaan, peserta didik dapat mengevaluasi kaidah pada EBI
PG
23
Menelaah teks biografi
EBI, penulisan huruf besar
Disajikan berupa pernyataan, peserta didik dapat menelaah penerapan huruf besar dalam EBI
PG
24
Menelaah teks biografi
EBI, kata depan
Disajikan berupa pertanyaan, peserta didik dapat menelaah penerapan kata depan yang tepat
PG
25
Mengontruksikan bagian-baian dalam berdebat
Tim aposisi dan netral
Disajikan berupa seruan, peserta didik dapat membuat contoh paparan tim aposisi dan netral
Essai
26
Mengontruksikan teks negosiasi
Contoh teks negosiasi
Disajikan berupa seruan, peserta didik dapat membuat contoh teks negosiasi sesuai struktur
Essai
27
Mengungkapkan kembali keteladanan dalam teks biografi
Sikap tauladan tokoh
Disajikan berupa pertanyaan, peserta didik dapat menentukan perilaku yang bisa ditauladani dari tokoh
Essai
28
Menganalisis unsur pembangun puisi
Makna puisi
Disajikan berupa pertayanyaan, peserta didik dapat memaknai kutipan puisi
Essai
29
Memahami Ejaan Bahasa Indonesia
EBI
Disajikan berupa pertanyaan, peserta didik dapat mengemukakan pendapat tentang pentingnya mempelajari EBI
Essai
30












               









No comments:

Post a Comment

3 HARI DI CAMBODIA, NGAPAIN AJA??

 Hello Guys, bertemu lagi dengan gue, kali ini gue mau sharing tentang pengalaman backpacker selama 10 hari ke cambodia (3 hari) dan Vietnam...