KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR
TAHUN
SMA ADZKIA ISLAMIC
SCHOOL
TAHUN AJARAN 2017/2018
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia JUMLAH SOAL : 30 Soal
KURIKULUM :
2013 ALOKASI WAKTU : 90 MENIT
BENTUK TES :
Pilihan ganda 1-25
dan Uraian 1-5 KELAS :
10
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
Mendemonstrasikan Puisi
|
Jenis Puisi
|
Disajikan Pertanyaan, Peserta didik
dapat menjelaskan judul puisi karya tokoh sastrawan
|
PG
|
1
|
Mndemonstrasikan Puisi
|
Musikalisasi Puisi
|
Disajikan pernyataan, peserta didik
dapat mendemonstrasikan puisi dengan mengetahui materi musikalisasi puisi
|
PG
|
2
|
Menganalisis unsur pembangun puisi
|
Simbol puisi
|
Disajikan lewat contoh puisi, peserta
didik dapat mengenalisis simbol pada kutipan puisi
|
PG
|
3
|
Mengidentifikasi komponen penting dalam
puisi
|
Makna konotasi
|
Disajikan lewat contoh puisi, peserta
didik dapat mengidentifikasi makna konotasi dalam puisi
|
PG
|
4
|
Mengidentifikasi komponen penting dalam
puisi
|
Rima Puisi
|
Disajikan lewat pertanyaan puisi, peserta
didik dapat mengidentifikasi makna dari rima puisi
|
PG
|
5
|
Menelaah teks biografi
|
autobiografi
|
Disajikan lewat pernyataan, peserta
didik dapat menelaah tentang maksud autobiografi
|
PG
|
6
|
Menelaah teks biografi
|
Struktur biografi
|
Disajikan lewat pertanyaan, peserta
didik dapat menelaah struktur teks biografi baian rorientasi.
|
PG
|
7
|
Menelaah teks biografi
|
Cerita tokoh
|
Disajikan berupa pertanyaan, peserta
didik dapat menelaah terkait tanggal lahir seorang tokoh.
|
PG
|
8
|
Mengungkapkan kembali keteladanan dalam
tks biografi
|
Sikap tauladan
|
Disajikan berupa pertanyaan, peserta
didik dapat mengungkapkan terkait gambaran penentuan tauladan dari tokoh
|
PG
|
9
|
Menelaah teks biografi
|
Kriteria tokoh
|
Disajikan berupa pertanyaan, peserta
didik dapat menelaah kriteria tokoh yang pantas dijadikan teks biografi
|
PG
|
10
|
Menganalisis tek negosiasi
|
Struktur negosiasi
|
Disajikan berupa pernyataan, peserta
didik dapat menganalisis struktur teks negosiasi
|
PG
|
11
|
Mengonstruksikan teks negosiasi
|
Bentuk teks negosiasi
|
Disajikan berupa pernyataan, peserta
didik dapat mengunstruksikan teks negosiasi dalam berbagai bentuk
|
PG
|
12
|
Menganalisis teks negosiasi
|
Struktur teks negosiasi
|
Disajikan berupa contoh teks, peserta
didik dapat menentukan pengajuan dalam teks negosiasi
|
PG
|
13
|
Mengevaluasi teks negosiasi
|
Tek negosiasi
|
Disajikan berupa pernyataan, peserta
didik dapat mengevaluasi pernyataan tentang teks negosiasi
|
PG
|
14
|
Mengevaluasi teks negosiasi
|
Teks negosiasi
|
Disajikan berupa pernyataan, peserta
didik dapat mengevaluasi pernyataan tentang teks negosiasi
|
PG
|
15
|
Menganalisis isi debat
|
Unsur debat
|
Disajikan berupa pertayaan, peserta
didik dapat menganalisis unsur debat
|
PG
|
16
|
Menganalisis isi debat
|
Simpulan debat
|
Disajikan berupa contoh simpulan debat,
peserta didik dapat menganalisis pola penyimpulan debat
|
PG
|
17
|
Mengontruksi bagian-bagian dalam
berdebat
|
Tim afirmasi
|
Disajikan berupa pertanyaan, peserta
didik dapat mengontruksi makna dari tim afirmasi
|
PG
|
18
|
Mengontruksi bagian-bagian dalam
berdebat
|
Tim netral
|
Disajikan berupa contoh pendapat,
peserta didik dapat mengontruksi pernyataan tim netral
|
PG
|
19
|
Berlatih praktik debat
|
Ragam bahasa debat
|
Disajikan berupa pertanyaan, peserta
didik dapat berlatih lewat memahami ragam bahasa yang digunakan dalam
berdebat
|
PG
|
20
|
Menemukan esensi debat
|
EBI, penulisan judul
|
Disajikan berupa pernyataan, peserta
didik dapat menemukan penulisan judul yang tepat
|
PG
|
21
|
Mengevaluasi teks negosiasi
|
EBI, tanda baca
|
Disajikan berupa pertanyaan, peserta
didik dapat mengevaluasi fungsi tanda baca titik
|
PG
|
22
|
Mengavaluasi teks negosiasi
|
EBI, kaidah
|
Disajikan berupa prtanyaan, peserta
didik dapat mengevaluasi kaidah pada EBI
|
PG
|
23
|
Menelaah teks biografi
|
EBI, penulisan huruf besar
|
Disajikan berupa pernyataan, peserta
didik dapat menelaah penerapan huruf besar dalam EBI
|
PG
|
24
|
Menelaah teks biografi
|
EBI, kata depan
|
Disajikan berupa pertanyaan, peserta
didik dapat menelaah penerapan kata depan yang tepat
|
PG
|
25
|
Mengontruksikan bagian-baian dalam
berdebat
|
Tim aposisi dan netral
|
Disajikan berupa seruan, peserta didik
dapat membuat contoh paparan tim aposisi dan netral
|
Essai
|
26
|
Mengontruksikan teks negosiasi
|
Contoh teks negosiasi
|
Disajikan berupa seruan, peserta didik
dapat membuat contoh teks negosiasi sesuai struktur
|
Essai
|
27
|
Mengungkapkan kembali keteladanan dalam
teks biografi
|
Sikap tauladan tokoh
|
Disajikan berupa pertanyaan, peserta
didik dapat menentukan perilaku yang bisa ditauladani dari tokoh
|
Essai
|
28
|
Menganalisis unsur pembangun puisi
|
Makna puisi
|
Disajikan berupa pertayanyaan, peserta
didik dapat memaknai kutipan puisi
|
Essai
|
29
|
Memahami Ejaan Bahasa Indonesia
|
EBI
|
Disajikan berupa pertanyaan, peserta
didik dapat mengemukakan pendapat tentang pentingnya mempelajari EBI
|
Essai
|
30
|
No comments:
Post a Comment