Mata pelajaran : BAHASA
INDONESIA
Kelas/program : XI IPA/IPS
Guru Pengampu : Asep Robi
Anggana, S.Pd.
Petunjuk Umum
1. Mulailah dengan membaca basmalah
2. Dahulukan menjawab soal-soal yang kamu anggap mudah
3. Tidak
diperkenankan untuk membawa catatan dalam bentuk apapun, bekerjasama dan menggunakan tabel periodik unsur, alat hitung (kalkulator/hp)
4. Akhirilah
dengan membaca hamdallah
Nilai
|
|
Paraf Guru
|
|
NAMA PESERTA : ________________________
A.
Pilihlah
jawaban yang paling tepat di bawah ini!
1.
Perhatikanlah
judul karya ilmiah di bawah ini!
“Penerapan Bahasa Indonesia di Lingkungan
Sekolah Berbasis Internasional”
Berdasarkan judul di atas, manakah di
bawah ini yang termasuk penentuan latar belakang masalah yang tepat?
a. Indonesia merupakan negara bisnis yang patut diakui
dan dilestarikan. Oleh sebab itu, tidak ada yang tidak mungkin untuk memajukan
bahasanya.
b. Dewasa ini, penduduk Indonesia harus berkaca kepada
negara Jepang yang mencintai budayanya sendiri, Jepang sangat mengedepankan
warisan nenek moyangnya, termasuk bahasanya.
c. Sekolah Internasional sangat patut dijadikan sekolah
yang memiliki nilai fungsi berbagai bahasa
d. Dewasa ini, bahasa Indonesia semakin dilupakan oleh
penduduk Indonesia itu sendiri, kedudukan bahasanya digantikan oleh bahasa
budaya negara lain.
e. Indonesia berpluang menjadi negara Adi Kuasa
sehingga bahasanya patut dilestarikan.
2.
Di bawah
ini merupakan bagian dari karya ilmiah, kecuali?
a. Rumusan masalah
b. Latar belakang
c. Landasan Teori
d. Pengolahan rencana penelitian
e. Hasil Penelitian
3.
Penentuan
landasan teori yang paling tepat pada pilihan di bawah ini adalah...
a. Bagaimana hasil penerapan bahasa Indonesia di
sekolah berbasis Internasional?
b. Sekolah menurut B.J Jasin adalah lingkungan untuk
belajar sedangkan menurut penulis adalah tempat untuk mnimba ilmu.
c. Bahasa menurut penulis adalah suatu kegiatan yang
dilakukan oleh lisan sebagai ciri khas suatu bangsa.
d. Menerapkan bahasa Indonesia di sekolah berbasis
Internasional
e. Cara menganalisis data yaitu bisa menggunakan
wwawancara dan angket
4.
Bagian
karya ilmiah setelah latar belakang adalah...
a. Tujuan
b. Manfaat
c. Landasan teori
d. Rumusan masalah
e. Pendahuluan
5.
Pahamilah
contoh pernyataan di bawah ini!
Berdasarkan penelitian yang diperoleh, penerapan
bahasa Indonesia di sekolah berbasis Internasional sangat penting dilakukan,
hal ini didasarkan pada:
-
Hasil
wawancara
Perolehan dari hasil penelitian bahwa 700 dari 1000 siswa tidak mu
menggunakan bahasa Indonesia.
-
Hasil
Angket
Perolehan dari hasil angket menghasilkan bahwa 700 siswa tidak mau
menggunakan bahasa Indonesia dengan alasan malu.
Pernyataan di atas dalam karya
ilmiah disebut bagian...
a. Hasil Penelitian
b. Proses Penelitian
c. Landasan Teori
d. Pembahasan
e. Hasil pengamatan
6.
Penulisan
daftar pustaka yang tepat di bawah ini adalah...
a. Asep, Robi. 2018.
Larik-Larik Asa. Yogyakarta: Leutikaprio
b. Robi, Asep. 2018. Larik-Larik Asa. Yogyakarta:
Leutikaprio
c. Robi, Asep. 2018. Larik-larik Asa.
Yogyakarta: Lautikaprio
d. Asep, Robi. Larik-Larik Asa. Yogyakarta.
2018: Hal. 19. Leutikaprio
e. Robi, Asep. 2018. Larik-Larik Asa.
Yogyakarta: Leutikaprio
7.
Berdasarkan
karya Ilmiah yang telah dibuat, terdapat Bab Hasil Penelitian, hal tersebut
merupakan Bab ke...
a. BAB V
b. BAB IV
c. BAB III
d. BAB VI
e. BAB VIII
8.
Pernyataan
yang Benar tentang segala hal yang berhubungan dengan rumusan masalah di bawah
ini adalah...
a. Selain menurut sumber terpercaya, rumusan masalah
pun harus didefinisikan sesuai dengan pendapat sendiri.
b. Rumusan masalah dibuat setelah tujuan dan manfaat
dituliskan dalam sebuah karya ilmiah
c. Rumusan masalah berisi tentang pertanyaan yang
secara umum tidak harus mengacu pada 5 W 1 H sesuai dengan judul penelitian
yang diambil.
d. Rumusan masalah berisi tentang pertanyaan yang
secara umum mengacu pada 5W 1 H sesuai dengan judul penelitian yang diambil.
e. Rumusan masalah harus mengacu pada pendapat KBBI dan
pendapat penulis.
9.
Perhatikanlah
paragaf di bawah ini!
(1)Walaupun sejak tahun 2005 setiap Oktober diperingati sebagi Hari
Kesaktian Pancasila, bobot kesaktian Pancasila makin hilang. (2)Kesaktian
Pancasila yang dulu diagungkan, bagi generasi sekarang dianggap sebagai
rekayasa Orde Baru. (3)Upaya menghidupkan kembali kesaktian Pancasila jadi
utama.(4) Belakangan bahkan ingin dikembangkan paradigma sebagai salah satu
pilar kehidupan berbangsa selain UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.
(5)Menempatkannya sebagai salah satu pilar secara tidak langsung mendegradasi
bobot Pancasila.
Berdasarkan paragraf di atas, pernyataan
yang bersifat opini ada pada kalimat nomor...
a. 2,3, dan 5
b. 2 dan 5
c. 1 dan 4
d. 3
e. 1 dan 3
10.
Pahamilah
paragraf di bawah ini!
Isi buku tersebut menjelaskan cara mendidik anak dalam rumah tangga.
Menurut saya pola yang diterapkan dalam rumah tangga sangat memengaruhi
perkembangan anak, sekalipun dengan cara primitf, otoriter, atau demokratis.
Perhatian orang tua terhadap anak sangat diperlukan. Orang tua harus bisa
menjadi teladan, komunikasi orang tua dan anak memiliki dampak terhadap
perkembangan anak dan pola pendidikan juga harus mempehatikan tahap perkembangan
anak. Perkembangan anak tidak boleh lepas dari pantauan orang tua.
Ide pokok dari paragraf di atas adalah...
a. Isi buku tersebut menjelaskan cara mendidik anak
dalam rumah tangga
b. Perkembangan anak tidak boleh lepas dari pantauan
orang tua
c. Penjelasan isi buku tentang cara mendidik anak
d. Orang tua tidak boleh melepas perkembangan anak
e. Pola penerapan cara mendidik anak sangat memengaruhi
perkembangan anak
11.
Pahamilah
paragraf di bawah ini!
Hari pertama, Jodi tetap memuluskan rencananya untuk melakukan aksi
mencuri di Tanah Abang, ia bahkan berhasil mengumpulkan 9 dompet berisi jutaan
uang dari hasil copetnya. Hari ke dua, Jodi masih tetap pada pendiriannya, ia
bahkan semakin terampil melakukan aksinya itu, hari ke dua ini, ia berhasil
menyabet 19 dompet, tentu saja berisi sejumlah uang yang tidak sedikit. Hari
berikutnya, ia menggaet patner, kali ini ia mengajak adiknya yang masih berumur
10 tahun, Jodi menyusun strategi secerdik mungkin. Begitupun di hari-hari
berikutnya, hari selanjutnya, bahkan hari demi hari kehidupannya ia lakukan
untuk mencuri dan mencopet.
Nilai yang terkandung dari potongan
cerpen di atas adalah...
a. Nilai spiritual
b. Nilai budaya
c. Nilai moral
d. Nilai pendidikan
e. Nilai negara
12.
Pahamilah
potongan teks biografi di bawah ini!
Pada tahun 1991, ia mengambil keputusan berani. Ia terjun sebagai pecatur
profesional. “Awalnya sangat sulit, saya harus menabung dan menghemat,” ujar
olahragawan terbaik Indonesia tahun 1995 ini. Akan tetapi, ia merasa beruntung
mendapat dukungan dari calon istri dan mertua yang tidak berkeberatan punya
menantu pecatur.
“Keputusan itu saya ambil hanya sebulan sebelum menikah. Jadi, bisa
dibayangkan betapa rumitnya pergumulan hidup. Saya hanya punya satu keyakinan there
is a will, there is a way,” kenang Utut.
Perilaku tokoh yang dapat ditauladani
berdasarkan paragraf di atas adalah...
a. Calon istri tokoh selalu mendukung tokoh sebagai
pecatur.
b. There is a will, there is a way
c. Berani mengambil risiko demi meraih mimpi sebagai
pecatur profesional
d. Tokoh merasa beruntung memiliki calon istri dan
mertua yang selalu mendukungnya
e. Kerumitan hidup yang dialami tokoh patut dijadikan
pegangan hidup pembaca
13.
Pernyataan
yang Salah tentang Notulen di bawah ini adalah...
a.
Orang yang
menulis notulen disebut notulis
b.
Notulen bisa
dilakukan oleh divisi bagian sekretaris saja
c.
Susunan
acara termasuk ke dalam bagian notulen
d.
Orang yang
menulis notulen tidak harus memiliki keterampilan menyimak
e.
Notulen
bisa dilakukan pada rapat kegiatan
14.
Naskah
drama karya Muhammad Diponegoro yang isinya tentang pergulatan antara Iblis dan
Ibrahim memiliki judul...
a.
Iblis dan
Ibrahim
b.
Ibrahim
c.
Iblis
d.
Iblis,
Ibrahim
e.
Tidak
dijelaskan judulnya
15.
Perhatikanlah
dialog drama di bawah ini!
Parjo :
“Saya mau berhenti dari tempat kerja ini!” (Sambil mengepalkan tangan, penuh
kemarahan)
Rahmat :
“Ada apa Jo, mbok yang sabar! Kenapa? (Berkata rendah)
Parjo :
“ Apa yang aku lakukan kok selalu salah”. (Suaranya meninggi)
Rahmat :
“ Jo, kau kan sudah hafal dengan sifatnya.” (Meredakan)
Parjo :
“...”
Rahmat :
“ Ya, itulah yang selalu dilakukan pada kita, tidak menghargai hasil kerja
orang lain.”
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
bagian rumpang dialog tersebut adalah...
a.
Ingin
rasanya aku memukul wajahnya yang selalu tampak menjengkelkan
b.
Dia memang
selalu memandang orang lain dengan sebelah mata
c.
Sebetulnya
ia orang yang rendah diri karena ia tidak berpndidikan tinggi
d.
Dia selalu
berhati-hati kalau mmeperbaiki mobilnya di bengkel.
e.
Maksudmu,
kita harus mengalah terus dan mengakui keunggulannya?
16.
Perbedaan
antara novel dan hikayat yang tepat di bawah ini adalah...
a. Novel merupakan karya sastra pendek sedangkan
hikayat merupakan karya sastra panjang
b. Ke duanya memiliki bahasa yang mudah dipahami
c. Novel menggunakan bahasa melayu Indonesia sedangkan
hikayat menggunakan bahasa melayu saja
d. Novel merupakan karya sastra baru sedangkan hikayat
merupakan karya sastra lama
e. Novel tidak diketahui penulisnya sedangkan hikayat
diketahui penulisnya
17.
Bagian
unsur instrinsik cerpen di bawah ini merupakan bagian yang tepat, kecuali...
a. Latar
b. Amanat
c. Tokoh
d. Alur
e. Nilai
18.
Pernyataan
tentang drama yang Salah di bawah ini adalah..
a. Drama harus berupa dialog ditandai dengan tanda baca
titik dua
b. Drama memiliki prolog
c. Drama boleh ditulis tanpa menggunakan dialog yang
ditandai titik dua
d. Drama termasuk ke dalam karya sastra
e. Salah satu unsur instrinsik drama adalah Latar
19.
Unsur ang
berada di luar cerpen disebut ...
a. Instrisik
b. Ekstrinsik
c. Plot
d. Netral
e. Bilateral
20.
Perhatikanlah
penggalan naskah drama di bawah ini!
Orang 1 :
“Antri, Bung, ah!”
Orang 2 :
“Berdiri di tempat panas emang kagak enak, tuan”
Orang 3 :”Antri
dong, kasian yang lain nih.”
Pemuda :
“Mau apa? Berani lagi buka mulut aku hantam. Mau apa kau?”
Orang 4 :
“Lawan, Bung.”
Orang 3 :
“Aturan, Saudara!”
Watak tokoh pemuda dalam penggalan naskah
drama tersebut adalah...
a. Sombong
b. Tegas
c. Disiplin
d. Pengertian
e. Taat
21.
Konflik
dari penggalan drama di atas adalah...
a. Antrean yang sangat panjang di bawah teriknya panas
matahari
b. Pemuda berani melawan orang-oang yang sedang antre
c. Pemuda marah-marah karena harus antre di tempat
panas
d. Orang-Orang berusaha meninggalkan pemuda untuk antre
e. Orang-Orang marah melihat pemuda tidak mau antre
22.
Perhatikan
paragraf di bawah ini!
Pada saat ia pergi ke (1)masjid
Al-Barokah, ia (2)sempat mengatakan (3) “hei...jangan ikuti
saya..” dengan wajah masamnya. (4)Tentu saja aku kecewa dan (5)merasa
ketakutan.
Kesalahan EBI di atas ditandai pada kata
nomor...
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
23.
Penggunaan
tanda baca elipsis yang kurang tepat di bawah ini adalah..
a. “Rinaa... kamu mau kemana?”
b. Apa Ibu Kota Negara Vietnam?....
c. Kesalahan EBI yang terdapat pada cerita di atas
adalah......
d. “Nak...jangan pergi”
e. “jangan...aku mohon”
24.
Tanda baca
sebagai ciri akhir sebuah kalimat
adalah...
a. koma
b. titik
c. tanda petik
d. titik dua
e. tanda hubung
25.
Nilai yang
berhubungan dengan sistem kekuasaan adalah nilai...
a. Budaya
b. Politik
c. Pendidikan
d. Moral
e. Sosial
B.
Isilah
pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1. Sebutkan apa saja bagian-bagian subjudul dari Proses Penelitian dalam karya Ilmiah!
2. Perhatikanlah bacaan di bawah ini!
Kekayaan budaya Indonesia terancam punah seiring arus modernisasi yang
menjelajah ke setiap pelosok. Banyak warga yang meninggalkan tradisi karena
tidak lagi dianggap penting dan tidak selaras dengan peradaban modern. Sebagian
memang telah punah, tetapi sebagian lagi masih dilestarikan atau kembali
dihidupkan, antara lain lewat berbagai festival budaya yang kini banyak ditemui
di berbagai daerah Indonesia. Sepertinya halnya untuk mengembalikan budaya seni
ukir Asmat yang unik, pada 1982 mulai diselenggarakan lomba mengukir oleh
keuskupan Agats, Asmat. Dengan demikian, Lomba festival budaya ini berkembang
menjadi pesta Budaya Asmat yang digelar tiap tahun sebagai bentuk kerja sama
pemerintah daerah dengan keuskupan Agats.
Tentukanlah rangkuman/simpulan berdasarkan bacaan di atas!
3. Tulislah latar belakang dari karya ilmiah berjudul
“Penerapan Aturan Larangan Pemakaian Hand Phone di Lingkungan Pesantren Daarut
Tauhiid Serua”. (Harus 1 paragraf, tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih)
4. Tulislah contoh teks drama singkat yang di dalamnya
terdapat pengenalan, konflik, klimaks, dan ending! (Tema bebas, jumlah
panjangnya terserah)
5. Tentukanlah 2 rumusan masalah dari karya ilmiah
berjudul “Penerapan Aturan Larangan Pemakaian Hand Phone di Lingkungan
Pesantren Daarut Tauhiid Serua” (Buatlah 2 rumusan masalah)
No comments:
Post a Comment