Wednesday, January 20, 2016

ELLA COURSE- Kampung inggris

Hello bro, apa kabarnya? Sehatkah? Mudah-mudahan dalam keadaan s3hat. Amiin.
Pada pertemuan kali ini, di sini saya akan memberikan informasi mengenai  pengalaman saya ketika menuntut ilmu di kampung inggris. Mudah-mudahan pengalaman saya ini bisa menjadi inspirasi dan acuan bagi para pembaca semua sebagai pemburu ilmu di kampung inggris.

1. Tujuan belajar bahasa Inggris.
     Saya pikir semua orang tahu tentang kegunaan dari mempelajari bahasa asing, apalagi tentang bahasa Inggris. Saya merasa bahwa di era global ini manusia harus dituntut untuk terus serba maju dalam segala hal, termasuk dari segi kemajuan bahasa.
Kita mengetahui bahwa bahasa inggris merupakan bahasa pemersatu bagi dunia alias bahasa international no 1 di dunia. Jadi, bagi semua orang yg berpikiran maju, maka ia akan serta merta untuk berpikir belajar bahasa inggris. Dengan begitu, kita tidak ketinggalan zaman, tidak kudet, dan tidak dianggap sebagai pribadi yg di bawah rata rata..
Saya pribadi memiliki tujuan khusus terkait tujuan saya belajar bahasa inggris. Karena saya guru bahasa indonesia, oleh sebab itu saya ingin menjadi guru bahasa indonesiA di luar negeri sebagai kontribusiku terhadap negara.
Well, setiap orang memiliki tujuan masing2 untuk belajar bahasa inggris. Termasuk saya sendiri.

2. Mengapa harus di kampung inggris?
    Mengapa? Karena, memang disanalah tempatnya. Mungkin mau belajar dimana pun sama saja. Akan tetapi, kampung inggris adalah tempat paling efektif dan tepat untuk mempelajari bahasa inggris, karena di sana sangat mendukung dalam segala hal yg berbau inggris, terutama dalam hal latihan berbicara bahasa inggris.
Disini itu tidak ada istilah " ah lo so inggris bgt.." atau " belagu loe, makan sama kerupuk aja pake bhs inggris segala".. sama sekali ga ada. Karena disini memang tempatnya. Memang disinilah area berbahasa inggris, bahkan ada juga aturan2 yg menghukum para pelajar yg ketahuan tidak menggunakan bahasa inggris. Jadi, di kampung inggris itu memang suatu kampung yg di kediri tepatnya di pare yg khusus banget buat ngomong bahasa inggris. Inget 1 kampuungg.

3. Dimana kampung inggris itu?
     Kampung inggris terletak di kediri jawa timur tepatnya di pare. Jangan khawatir tersesat, tempat ini sudah populer kok.

4. Seperti apa sih gambaran kampung inggris itu?
    Coba bayangkan, itu merupakan suatu kampung yang di dalamnya itu terdapat lebih dari  200 lembaga kursus bahasa inggris yg insyaallah telah semuanya diakui oleh pemerintah. Jadi, para p3mbaca bebas sebebas-bebasnya mau kursus dil3mbaga manapun sesuai dg kebutuhan. Masing-masing tempat kursus memiliki program tersendiri, seperti : vocabulary, conversation, program toffle, ieelts, grammar, speaking dan lain-lain yg berhubungan dg semua bahasa inggris.

5. Penulis ngambil program apa? Dan dimana?
    Karena saya pemula, jadi saya ingin melatih dulu dibidang speaknya dari nol, supaya bisa cas cis cus berbahasa inggris. Saya s3ngaja khusu mengambil program speak saja karena jika langsung pada gramnar itu akan memhuat sulit para pemula.
     Saya mengambil kursus di ella course, mengambil program speak berikut pronounciation dan vocabularynya selama 1 bulan. Nama programnya full day 1.
     Sebenarnya programnya ada 3 bulan sampai pada full day 3. Akan tetapi, karena saya dikasih cutinya 1 bulan, jadi terpaksa saya hanya mengikuti full day 1 nya saja. Saya bisa mengikuti full day 2 dan 3 nya di lain waktu jika mau.

6. Mengapa harus ella course?
    Karena ella course itu adalah tempat kursus yg cocok untuk para pelajar yg baru memulai memperlajari bahasa inggris, dari mulai materi abjad, hitungan sampai ke tingkat tersulit diajarkan secara bertahap.
Banyak sekali tempat kursus yg memang lebih bagus dari ella akan tetapi terkadang mereka harus memiliki basic inggris dasranya. Sehingga bagi para pemula akan merasa kelabakan dan kesusahan mempelajari bahasa inggris.

7. Berapa biayanya?
    1 bulan 200.000 , murahkan? Apalagi yg mau meneruskan ke full 2 atau full 3, bagi alumni ella course itu dikasih diskon 200.00

8. Dimana tinggalnya?
    Untuk tempat tinggal terbagi menjadi 2 bagian. Yg pertama adalah camp, banyak sekali camp2 yg ditawari di kp.inggris, bahkan di masing2 tempat kursus termasuk di ella pun menyediakan tempat camp. Tempat camp itu di isi perkamarnya antara 3 sampai 4 orang, kemudian ada program khusus diluar jam pelajaran ..biasanya pelajaran di mulai pada setiap bada subuh dan sesudah isya. Area camp harus dan kudu ngomong bahasa inggris, termasuk jika berbicara dengan teman sekamar sekalipun, istilahnya bahkan ngigau pun harus berbahasa inggris. Karena, kalau kedapatan tidak berbicara bahasa inggrid. Maka akan mendapatkan hukuman, hukumannya adalah sesuai dari kesepekatan pihak camp, kalau di ella sih, di denda, 1 katanya 5 ratus sampai seribu.
Nah, yang kedua, dinamakan boarding house atau yg dikenal tempat kos alias kontrakan. Tempat tinggal ini cenderung bebas, mau kita ngomong bahasa apapun bebas ga ada yg ngelarang karena pada dasarnya kita s3ndiri yg menentukan. Hanya saja mungkin kelemahannya kita tidak dapat program tambahan. Orang yg tinggal di camp akan lebih terasah kemampuan bahasanya dibanding orang yg tinggal di kosan. Tapi pada umumnya, tergantung selera sih.
     Misalkan saya pribadi, saya lebih memilih di tempat kosan dibanding di camp. Bukan karena banyak aturannya akan tetapi karena saya belum terbiasa dengan suasana kamar yg rame2 gitu. Bagi saya kamar itu privasi, dan saya membutuhkan quality time di kamar, relaks. Oleh karena itu, saya memilih kosan, karena di camp itu bisa dibilang tidak ada kamar yg hanya diisi oleh 1 orang saja, rata2 harus rame2.

9. Berapa harga kamarnya?
Macam2 sih. Rata2 kalau camp itu 200.000, sudah termasuk program tambahan.  ada juga yg lebih murah dari itu.
Kalau boarding house, tergantung selera, biasanya harga tidak pernah bohong. Semakin tinggi harganya maka fasilitas nya semakin terjamin. Harga dari mulai 250 ke atas.

10. Pengalaman diperjalanan menuju kampung inggris?
    Sebulan sebelum keberangkatan saya booking tiket kereta dulu di indomaret jurusan senen- kediri. Harga tiketnya macam2, saya pilih yg paling murah,yaitu 90000, nama kereta nya brantas, saya akan berangkat pukul 4 sore sampai di stasiun kediri pukul 8 pagi. Berangkat dari pasar senen.
     Dalam perjalanan memang sangat pegel dan cape sekali, karena saperti yg kita ketahui, bahwa harga tdk pernah bisa bohong. Jadi keadaan saya pada saat itu? Bisa dibayangkan? 16 jam di dalam keretaa..tapi saya menikmatinya.
     Setelah saya sampai di stasiun kediri, kita belum benar2 sampai di kampung inggris. Kita harus memakai kendaraan lagi. Banyak sekali kendaraan yg ditawarkan, ada motor, angkot, taksi dan mobil sewa seperti xenia, apv, avanza dan sebagainya. Berikut kisaran harga:
A. Jika mau naik angkot, terlebih dahulu naik beca untuk menuju angkot, bayar 15000, kemudian naik angkot jurusan pare kampung inggris, bayarnya 20000. Kemudian dari kp. Inggris menuju tempat lessnya bisa pake beca, bayar lagi 20000. Akan tetapi, jika para p3mbaca terbiasa berjalan, pilihan beca di atas bisa dihapus.
B. naik motor langsung sampai tujuan, biayanya 40000 sampai 50000
C. Naik mobil sewa, langsung tujuan, bayarnya sekitar 50000 sampai 75000.
Harga diatas bisa ditawar, karena terkadang banyak juga para sopir yg menawarkan harga lebih mahal.
Saya aja mengunakan mobil sewaan, harganya 50000, langsung pada tujuan.

11. Suasana kampung inggris.
    Segar, natural, dan edukasi banget. Seluruh penduduk indonesia dari sabang sampai merauke jauh2 datang ke tempat ini hanya untuk belajar. Jadi, mereka memang kalangan yg niat bgt belajar. Jarang sekali ada pelajar yg merasa malas, atau bolos saat pembelajaran, disini itu aura haus ilmunya dapet banget, jadi ga usah kawatir.
12. Biaya hidupnya?
masalah makan, ga usah kawatir. Karena harga yg ditawarkan relative murah. Tergantung kebutuhan. Berikut gambarannya:
A. Nasi, daging 6000 sampai 8000
B. Nasi, sayur 3500
C. Nasi pecel, perkedel, gorengan 6000
D. nasi kuning, oreg tempe, bihun, perkedel 5000
E. Mie ayam 6000
F. Bakso 5000
G. Soto 6000 sampai 8000 plus nasi.
H. Batagor 5000 sampai 7000
I. Indomie rebus 3500, pake telor 5000.
J. Nasi goreng, 6000 sampai 8000
K. Air jeruk 3000
L. Es teh manis 2000
Mendingan cari deh tempat makan yg minumnya gratis, alias bisa s3puasnya, lumayankan. Atau, jangan cari tempat makan bertema cafe, biasanya harga yg ditawarkan lebih mahal. Harga diatas dapat berubah dan sesuai kebutuhan. Saya hanya mengambil rata2nya saja.
13. Kendaraan yg dipakai?
Bisa menyewa sepeda, perbulannya kisaran 50000 sampai 100.000 sesuai kebutuhan dan kualitas sep3da. Banyak sekali tempat2 penyewaan sepeda, jd jangan kawatir. Perharinya juga bisa, harga sewanya 10000.
Bisa juga menyewa motor, per harinya 150000.

14. Kesan belajar di ella course.
     Seneng banget, ga pernah bosen, guru2nya menyenangkan, ga memboringkan, meskipun harga lessnya murah tapi asli nya ga murahan ko dari segi kualitasnya. Bahkan bisa diadu dg lembaga kursus lainnya yg memang lebih mahal. Pokonya betah deh, ga bakal ngecewain.
Guru2nya gokil, santai ga pernah tegang. Pokoknya enak deh.

2 comments:

8 HARI DI HANOI VIETNAM, TIDAK LUPA KE PAGODA TRAN QUOC DAN HO CHI MINH MUSEUM

 Hello Guys,  Setelah kemarin gw backpacker ke Malaysia, Singapura, dan Thailand. Mungkin target negara ASEAN lainnya adalah mengunjungi Vie...