Sunday, March 10, 2019

CONTOH SOAL BAHASA INDONESIA TENTANG TEKS BIOGRAFI, 10 SMA


ULANGAN BAHASA INDONESIA
BIOGRAFI, KELAS 10
         SMA IZADA ISLAMIC SCHOOL

1.     Jelaskan perbedaan biografi dengan autobiografi!
2.     Cermati paragraf di bawah ini!

ARA PARINDRA
Ara Parindra merupakan salah satu tokoh kebanggaan Indonesia. Kontribusinya sekaligus mengharumkan negeri di kancah Internasional di bidang Bahasa Indonesia. Ara (begitulah panggilannya) lahir di Bandung, 04 Juli 1995. Ia menyelesaikan S1 di Universitas Indonesia jurusan sastra Indonesia serta pernah menjadi Duta Bahasa pada tahun 2013. Perjuangannya memperkenalkan bahasa Indonesia di berbagai negara sungguh melalui proses perjuangan yang sangat panjang.
….
....

Tulislah bagian struktur Kejadian penting dan reorientasi berdasarkan paragraf biografi di atas. Adapun untuk ide ceritanya diserahkan kepada Anda, sekreatif mungkin. Adapun aturannya:
a.       Tidak disingkat-singkat katanya
b.      Minimal 1 paragraf untuk bagian kejadian penting
c.       Minimal 1 paragraf untuk bagian re-orientasi
3.      Pernahkah Anda menonton film? Maka, buatlah 3 hal yang menarik dan 7 hal yang dapat diteladani dari sikap tokoh dalam film yang Anda tonton!
4.      Kaidah kebahasaan teks biografi meliputi penggunaan pronomina, kata kerja aktif, kata kerja pasif, Adjektiva, Konjungsi, dan Nomina. Buatlah 1 kalimat dari masing-masing kaidah tersebut, kemudian garis bawahi bagian kaidahnya!

SELAMAT MENGERJAKAN


3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Pernah,(1)tokohnya mempunyai kekuatan,(2)bisa berubah ubah menjadi apa saja,(3)bisa terbang .hal - hal.yang dapat di teladani adalah:(1)bahwa menjalin persaudaraan itu penting (2)tidak baik memlihara dendam Karan itu akan membuat sengsara diri kita (3)tidak baik memiliki sifat iri (4)jika ada masalah di selesaikan dengan baik (5) jangan mengambil hak orang lain (6)kesabaran pasti akan membuah kan hasil yang baik (7)jika orang tersebut berperilaku buruk jangan di balas dengan perbuatan buruk
    Kara

    ReplyDelete
  3. Wizzz... keren nih...
    Jawab juga lah pertanyaan lainnya..hehe

    ReplyDelete

8 HARI DI HANOI VIETNAM, TIDAK LUPA KE PAGODA TRAN QUOC DAN HO CHI MINH MUSEUM

 Hello Guys,  Setelah kemarin gw backpacker ke Malaysia, Singapura, dan Thailand. Mungkin target negara ASEAN lainnya adalah mengunjungi Vie...